-->

Saturday, February 1, 2014

Test Drive All New Altis

Test Drive All New Altis - Setelah puas mengamati kelebihan pada eksterior dan interior Toyota Corolla Altis generasi ke-11 ini, tiba saatnya untuk menguji seberapa tangguh sedan yang diluncurkan pertama kali pada medio 1960-an ini.

Tidak sulit mencari posisi mengemudi yang nyaman. Pasalnya pengaturan posisi jok pada Corolla Altis anyar ini sudah dilakukan secara elektrik, hanya dengan mengatarnya melalu tombol yang berada di kanan bawah kursi pengemudi. Kursinya pun terasa cukup empek dan memeluk tubuh dengan erat.

Sabuk pengaman sudah terpasang dengan baik, tuas transmisi pun sudah digeser ke posisi D, dan sang legenda ini pun siap untuk digeber. Masuk ke tarikan bawah mobil ini sudah cukup responsif, perpindahan gigi pun sangat terasa halus, dan mulai putaran atas mobil ini sudah sangat terasa powernya.

"Transmisi CVT baru yang terdapat di Corolla Altis generasi ke-11 ini lebih responsif, dan lebih halus. Hal ini juga mendukung efisiensi konsumsi bahan bakar hingga tujuh persen," ujar Technical Division General Manager PT TAM, Dadi Hendriadi.

Saat beranjak dari meeting point di Cilandak Town Square menuju Jababeka, Cikarang, Jawa Barat, kondisi lalu lintas yang kami lalui cukup padat, baik di jalanan ibukota maupun masuk ke jalan bebas hambatan. Handling sedan ini terbilang apik, dan ini terasa gampang diajak meliuk-liuk di jalanan padat atau pun jalan tol.

Okezone sempat mengubah tuas perseneling ke posisi manual, dan mencoba memainkan transmisi CVT tujuh percepatan pada mobil ini, dengan menawarkan gaya berkendara sporty dengan padle shift. Terlebih jika pengemudi ingin mendapatkan tenaga yang lebih responsif dan bisa melakukan engine brake, perpindahan giginya pun lebih halus.

Sebagai informasi, Corolla Altis terbaru ini dipersenjatai dengan mesin 2ZFR-FE 4 silinder 16 valve DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.798cc ini. Mobil ini mampu menyemburkan daya hingga 151 Ps pada putaran mesin 6.400 rpm, dan torsi maksimal sebesar 19,4 kgm pada putaran mesin 4000 rpm.

Saat perjalanan, kami juga melewati jalan dengan kondisi rusak dan berlubang, dan untuk suspensi mobil ini patut diacungi jempol. Dengan suspensi MacPherson dengan pegas koil dan stabilizer getaran yang terasa tidak terlalu kasar, namun tidak terlalu empuk.

Kesimpulan, mobil ini sangat tepat sekali jika memang diperuntukan untuk para kaum muda sukses, dan keluarga kecil sukses. Dengan segala kelebihan yang ditawarkan mobil ini baik dari segi eksterior, interior, fitur, dan performa sudah sangat mewakili para kaum urban.

Sayang belum dibenamkan sistem cruise control, yang saat ini seharusnya sudah menjadi fitur standart mobil medium ke atas. Juga tidak adanya sunroof padahal untuk kompetitor Altis di segmen medium sedan telah menggunakan fitur ini, dan juga suara sound system yang terasa kurang besar.

Previous
Next Post »